Tanda Awal Keguguran Tanpa Disertai Pendarahan

17 May

Tanda Awal Keguguran Tanpa Disertai Pendarahan,- Pendarahan bisa saja merupakan tanda-tanda terjadinya keguguran, tapi tidak berarti bahwa keguguran akan segera terjadi setelah pendarahan. Keguguran tidak selalu identik dengan pendarahan, faktanya banyak sekali kasus keguguran yang tanpa disertai dengan pendarahan.

Tanda Awal Keguguran Tanpa Disertai Pendarahan

Tanda Awal Keguguran Tanpa Disertai PendarahanBanyak kelainan yang dapat menyebabkan keguguran, namun sering kali tidak mudah menentukan penyebab pasti dari keguguran. Sekitar 75% keguguran terjadi pada tiga bulan pertama kehamilan atau trimester pertama, penyebab paling umum yaitu adanya masalah pada fetus atau janin dan kondisi kesehatan sang ibu.

Berikut ini beberapa tanda keguguran yang tanpa disertai dengan adanya pendarahan, seperti :

  • Kram Perut

Perkembangan usia janin sering kali menyebabkan kram perut, tapi jika kram terlalu sering terjadi bisa menjadi pertanda keguguran. Kram tidak hanya terasa pada perut bagian bawah saja, tapi juga terasa hingga ke sekitar rahim.

  • Sakit Punggung

Tekanan pada rahim sering menyebabkan sakit pada punggung ibu hamil, rasanya mungkin mungkin akan membuat punggung sulit untuk di gerakan atau terasa sangat sakit ketika berjalan dan juga duduk. Namun bila sakit punggung disertai dengan kram yang sangat kuat bisa menyebabkan keguguran.

  • Tidak Merasa Mual Secara Tiba-tiba

Keguguran sering ditandai dengan perasaan tidak mual secara tiba-tiba, ini menjadi pertanda yang sangat jelas karena perubahan hormon dalam tubuh berhenti dan menjadi normal seperti pada wanita yang tidak hamil.

  • Keluarnya Cairan Putih dari Vagina

Ibu yang keguguran tanpa pendarahan sering disertai dengan keluarnya cairan putih dari vagina, cairan ini berbeda dengan keputihan saat hamil. Cairan ini tidak pekat dan tidak memiliki warna namun terlihat seperti air.

  • Keluar Jaringan dari Vagina

Darah yang menggumpal dari janin yang masih berupa jaringan bisa saja keluar dari vagina, biasanya jaringan ini keluar secara spontan ketika batuk atau mengangkat beban yang berat.

  • Tidak Ada Janin Saat USG

Salah satu pemeriksaan yang valid untuk mengetahui apakah keguguran sudah terjadi atau belum hanya bisa dilakukan dengan USG. Dalam pemeriksaan USG bisa digambarkan rahim telah kosong, tidak ada janin maupun kantung janin yang sudah terbentuk pada tahap awal kehamilan, pemeriksaan secara rutin ini kadang bisa menjadi keputusan yang mengagetkan karena ibu hamil sama sekali tidak merasakan gejala keguguran yang lain.

Itulah beberapa tanda keguguran tanpa pendarahan yang harus bunda ketahui, segera periksakan ke dokter jika mengalami beberapa gejala di atas agar mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Partner Cantik

Baca juga : Cara Membersihkan Rahim Setelah Keguguran

Tanda Awal Keguguran Tanpa Disertai Pendarahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *