Rokok Dan Alkohol Bisa Mempengaruhi Kesuburan

24 May

Rokok Dan Alkohol Bisa Mempengaruhi Kesuburan,- Dalam dunia medis saja, kedua jenis makanan dan minuman tersebut sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat mempengaruhi kondisi kesehatan. Terlebih lagi bagi pasangan suami istri yang sedang merencanakan program kehamilan, keduanya sudah pasti dapat menghambat program tersebut.

Rokok Dan Alkohol Bisa Mempengaruhi Kesuburan

Rokok Dan Alkohol Bisa Mempengaruhi KesuburanBukan rahasia lagi bahwa merokok itu merugikan kesehatan, jadi tidak mengherankan jika merokok bisa mempengaruhi kesuburan. Wanita yang merokok atau terpapar asap rokok orang lain memiliki peningkatan risiko infertilitas dan cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk hamil.

Bagaimana Rokok Bisa Mempengaruhi Kesuburan?

Merokok dapat mempengaruhi setiap tahap proses reproduksi, termasuk pematangan sel telur dan sperma, produksi hormon, transportasi embrio, serta merusak DNA pada kedua sel telur dan sperma. Merokok selama masa kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat lahir, kelahiran dengan bobot rendah, risiko terjadinya keguguran menjadi lebih tinggi dan kehamilan ektopik.

Rokok Dan Alkohol Bisa Mempengaruhi KesuburanSejumlah penelitian telah melaporkan hubungan antara merokok tembakau dan kesuburan pria atau produksi sperma suboptimal . Sebuah tinjauan studi observasional tentang merokok dan parameter air mani menemukan bahwa 20 dari 25 studi melaporkan peningkatan risiko konsentrasi sperma lebih rendah pada perokok dibandingkan dengan non-perokok.

Rata-rata, konsentrasi sperma adalah 13% lebih rendah pada perokok dibandingkan non-perokok. Pria pecandu rokok juga memiliki proporsi yang lebih rendah pada rata-rata sperma yang motil (bergerak atau berenang) dan morfologi normal (sperma dengan bentuk fisik normal), dibandingkan dengan pria non-merokok.

Begini Cara Alkohol Mempengaruhi Kesuburan?

Alkohol telah terbukti dapat mempengaruhi tingkat kesuburan pria maupun wanita. Salah satu studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi lima sampai sepuluh gelas alkohol dalam satu minggu dapat menurunkan kesuburan wanita, ketidakmampuan untuk hamil, peningkatan risiko keguguran dan perkembangan janin yang buruk adalah efek negatif alkohol terhadap reproduksi wanita.

Rokok Dan Alkohol Bisa Mempengaruhi KesuburanMengkonsumsi alkohol dalam jumlah berlebih dapat menurunkan kadar testosteron serta kualitas dan kuantitas sperma. Alkohol juga memiliki efek negatif terhadap hati, meningkatkan hormon estrogen dan mempengaruhi libido pria.

Bagi pasangan suami istri yang hendak memiliki memiliki keturunan alangkah baiknya untuk menghindari rokok dan alkohol. Karena dampaknya tidak hanya dapat dirasakan secara langsung, namun berdampak juga pada bayi yang ada dalam kandungan.

Rekomendasi

Bagi Anda wanita yang memiliki keluhan dengan infertilitas atau ketidaksuburan, kami rekomendasikan untuk mengkonsumsi Ovary Nutrition Capsule. Obat ini di formulasikan untuk mengatasi masalah ketikdasuburan wanita, Ekstrack of black soy bean, Gonoderma lucidum spora dan Soy isoflavones. Di produksi dengan Teknologi tinggi Berstandar Internasional di World (Tiajin) Nutrition & Health food Co., ltd – China. Untuk informasi lengkap silahkan Anda kunjungi website kami di Obat Penyubur Kandungan.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Partner Cantik

Baca juga :

Rokok Dan Alkohol Bisa Mempengaruhi Kesuburan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *