Penyebab Kekurangan Pigmen Pada Kulit

5 Dec

Penyebab Kekurangan Pigmen Pada Kulit,- Melanin adalah pigmen yang memberikan kulit terhadapa warna  khas  mereka. Seseorang kadang-kadanng mengalami kerugian terhadap hilangnya pigmentasi kulit. Orang yang mengalami dampak dari kekurangan pigmen pada kulit, biasanya terjadi pada penderita bisul, lecet, luka bakar atau infeksi.

Penyebab Kekurangan Pigmen Pada Kulit dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kekurangan Pigmen Pada Kulit

Banyak kondisi penyebab kekurangan pigmen pada kulit, diantaranya ;

  1. Infeksi
    Beberapa jenis infeksi dapat menyebabkan hilangnya pigmen seperti Panu karena jamur, ditandai dengan kulit kering, bercaHilangnya pigmen juga  dapat terjadi setelah infeksi virus seperti cacar.
  2. Peradangan dan Jaringan parut
    hilangnya pigmen dapat terjadi setelah peradangan kulit yang disebabkan oleh gangguan seperti psoriasis, lupus, dermatitis seboroik dan eksim. Pigmen yang muncul pada beberapa kondisi tersebut bisa didasari karena kulit yang bersisik dan sebagainya. Selain itu hilangnya pigmen yang terjadi pada jaringan parut sering meninggalkan bekas luka akibat kerusakan dari ultraviol. Dalam semua gangguan ini, hilangnya pigmen muncul sebagai tambalan tidak teratur pemutih buruk didefinisikan, dan mungkin ada skala jika gangguan yang mendasari adalah bersisik. hilangnya pigmen juga dapat terjadi dengan jaringan parut. Hal ini dapat membuat bekas luka tidak hanya lebih terlihat tetapi juga rentan terhadap kerusakan dari radiasi ultraviolet, yang menyebabkan sunburns (kulit merah)  serta kemungkinan kanker  kulit akan terjadi.
  3. Paparan bahan kimia dan obat-obatan topikal
    Paparan bahan kimia dari konsmetikpun dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Contohnya antioksidan yang biasanya digunakan sebagai bahan pembatan karet yaitu monobenzyl eter hydroquinone yakni salah satu bahan kimia yang menjadi akibat terkait hilangnya pigmen pada kulit. Selain itu, antioksidan atau disinfektan kuman juga dapat menghasilkan penurunan pigmen serta penggunaan obat-obatan topikal seperti . kortikosteroid dan tretinoin, memiliki potensi untuk menghasilkan area yang lebih terang.
  4. Kongenital atau kondisi genetik
    Nevus depigmentosus adalah sesuatu yang mirip dengan bintik atau tahi lalat yang tidak memiliki warna, itu dianggap sebagai suatu kondisi bawaan tetapi tidak memiliki pola warisan.
  5. Vitiligo
    Vitiligo disebabkan oleh hilangnya pigmen di kulit, karena rusaknya sel-sel pigmen pembentuk dikenal sebagai melanosit. Meskipun vitiligo mempengaruhi semua ras, tetapi sering lebih terjadi pada orang yang berkulit gelap. Baca Juga : Resep Lada Hitam Untuk Vitiligo
    Kerusakan kulit, seperti vitiligo dan albinisme adalah beberapa penyebab hilangnya pigmentasi kulit, menurut johns Hopkins Medicine. Dimana kondisi ini mengacu pada kurangnya tubuh memproduksi melanin, yang merupakan pigmen terhadap yang memberikan warna pada kulit, rambut dan mata. Namun penderita vitiligo sering ditandai seperti bercak putih pada daerah yang terkena  sinar matahari termasuk bagian tubuh tangan, kaki dan wajah. Vitiligo termasuk penyakit paling umum akibat kekurangan pigmen pada kulit.

Itulah ulasan informasi mengenai beberapa penyebab kekurangan pigmen pada kulit. Semoga informasinya bermanfaat.. Salam Sehat, By Partner Cantik

Penyebab Kekurangan Pigmen Pada Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *