Penyebab Dan Gejala Psoriasis Yang Harus Anda Ketahui

18 Dec

Penyebab Dan Gejala Psoriasis Yang Harus Anda Ketahui

Penyebab Dan Gejala Psoriasis,- Apakah anda sedang mencari informasi tentang Penyebab Dan Gejala Penyakit Psoriasis? jika iya, anda datang ke tempat yang tepat, karena disini semua penjelasan berbagai penyakit, kesehatan yang sangat bermanfaat untuk anda semua.

Sebelumnya saya sudah membahas informasi kesehatan tentang Jenis-Jenis Penyakit Psoriasis. Nah kali ini saya akan membahas informasi kesehatan mengenai Penyebab Dan Gejala Psoriasis. Ingin tahu apa saja penyebab dan gejala dari penyakit ini? kalau begitu mari simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Dan Gejala PsoriasisPenyakit Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit disebabkan oleh pertumbuhan sel kulit baru yang sangat cepat sehingga menumpuk di permukaan kulit. Penyakit ini menyebabkan kulit menjadi kemerahan, lebih tebal, bersisik, dan terlihat seperti bercak putih. Selain itu, penyakit ini juga dapat menyebabkan gatal dan nyeri pada kulit. Proriasis termasuk salah satu jenis penyakit autoimun.

Kulit kepala, tangan, wajah, lutut, siku, kaki, punggung bawah, dada, dan lipatan antara bokong biasanya yang paling rentan terkena psoriasis. Namun, sebenarnya kondisi ini bisa berkembang dimana saja.

Psoriasis tidak menular, namun ini merupakan penyakit kronis dan tidak dapat disembuhkan. Namun, ada pengobatan dan beberapa perawatan yang dapat membantu mengendalikan dan mengurangi tingkat keparahan gejalanya.

Penyebab Psoriasis

Penyebab Psoriasis masih belum bisa diketahui secara pasti. Penyakit ini tidak menular dan diduga memiliki penyebab penyakit autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel kulit yang sehat.

Saat terserang Sel yang semestinya melawan infeksi, sel-sel kulit menggandakan diri dengan cepat sehingga menyebabkan penebalan kulit pada penderita psoriasis. Belum diketahui kenapa sistem kekebalan tubuh bisa mengalami kinerja yang keliru, namun para pakar menduga ada pengaruh dari lingkungan dan gen.

Pada kondisi normal, tubuh akan memproduksi dan menggantikan sel-sel kulit yang mati dalam beberapa minggu sekali. Namun, penderita psoriasis akan mengalaminya dalam hitungan hari sehingga terjadi penumpukan sel-sel kulit mati yang akhirnya membentuk penebalan kulit memerah, mengelupas, dan bersisik.

Faktor keturunan juga diduga dapat mempertinggi resiko penyakit tersebut. Seseorang yang menderita psoriasis biasanya dapat memiliki predisposisi genetik yang kuat.
Penderita Psoriasis dapat mencegah kambuhnya atau perkembangan gejala-gejala mereka dengan cara mencari tahu dan menghindari faktor pemicunya. Dan berikut adalah beberapa faktor pemicu kambuhnya psoriasis, antaranya lain :

  • Stres
  • Merokok
  • Obesitas
  • Konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh, misalnya karena penderita HIV
  • Perubahan hormon, khususnya pada wanita saat menopause atau haid
  • Cedera pada kulit, misalnya tergores, gigitan seragga, atau terbakar matahari
  • Obat-obatan tertentu, misalnya litium, obat-obatan tekanan darah tinggi, serta obat anti malaria.
  • Infeksi tenggorokan. Psoriasis gutata yang biasa menyerang anak-anak dan remaja terkadang juga muncul setelah penderita mengalami infeksi tenggorokan.

Gejala Psoriasis

Intensitas gejala psoriasis pada tiap penderita berbeda-beda. Ada yang mengalami gejala ringan atau tidak sama sekali dalam kurun waktu tertentu. Tapi, gejala tersebut kemudian juga bisa bertambah parah sampai mengganggu kenyamanan penderita selama beberapa minggu atau beberapa bulan dan akhirnya berkurang atau berhenti.

Tidak semua penderita psoriasis mengalami gejala yang sama, karena penyakit ini memiliki banyak jenis nya. Secara umum, gejalanya meliputi :

  1. Sendi-sendi yang membengkak dan kaku
  2. kuku yang menebal dengan tekstur tidak rata
  3. Kulit Pecah-Pecah yang terkadang juga bisa berdarah
  4. Bagian kulit memerah yang terasa tebal, kering, dan bersisik.

Nah, itulah penjelasan saya kali ini mengenai Penyebab Dan Gejala Psoriasis Yang Harus Anda Ketahui. Semoga apa yang dijelaskan atas bisa bermanfaat untuk anda semua dan memberikan wawasan yang lebih luas lagi. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *