Pantangan Makanan Penyakit Sinusitis Yang Harus Diketahui

16 Oct

Pantangan Makanan Penyakit Sinusitis Yang Harus Diketahui

Pantangan Makanan Penyakit Sinusitis,- Apakah anda sedang terkena penyakit sinusitis? dan ingin tahu apa Pantangan Makanan Penyakit Sinusitis? Tenang saja anda datang ke tempat yang tepat, karena disini menjelaskan berbagai penyakit dan kesehatan yang sangat bermanfaat kedepan nya bagi anda semua.

Sebelumnya saya sudah memberikan informasi kepada anda mengenai Gejala Dan Penyebab Penyakit Sinusitis Juga Pengobatannya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan informasi mengenai Pantangan Makanan Penyakit Sinusiti. Ingin tahu apa sajakah pantangan tersebut?. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Pantangan Makanan Penyakit Sinusitis

Pantangan Makanan Penyakit SinusitisPantangan makanan bagi penderita sinusitis sangat berpengaruh terhadap proses kesembuhan atau proses pengobatan yang dijalani oleh penderita sinusitis. Makanan tersebut biasanya dapat membuat penyakit sinusitis yang diderita semakin parah. Sinusitis sendiri adalah peradangan yang terjadi pada rongga sinus. Peradangan sinusitis ini disebabkan oleh kuman, bakteri, virus, jamur, atau pun cairan yang dapat mengakibatkan infeksi.

Untuk membantu proses pengobatan dan penyembuhan dapat didukung dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan menghindari makanan yang tidak baik bagi penderita sinusitis, berikut adalah beberapa Pantangan Makanan Penyakit Sinusitis, antara lain :

1. Hindari Makanan Gorengan Dan Berminyak

Bagi penderita sinusitis harus menghindari makanan yang digoreng atau pun makanan berminyak. Saluran hidung dan tenggorokan masih menjadi satu kesatuan yang terhubung, jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan goreng dapat menambah parah peradangan pada rongga sinus.

2. Hindari Minuman Bersoda dan Beralkohol

Kurangi mengkonsumsi minuman beralkohol atau pun bersoda, selain tidak baik untuk kesehatan minuman ini dapat memperburuk situasi penyakit sinusitis yng anda derita. Mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi sedangkan bagi penderita sinusitis cairan dibutuhkan agar lendir dapat mengalir keluar seperti anggur, bir, dan wine.

3. Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman dingin

Makanan dan minuman dingin dapat menambah efek parah peradangan yang terjadi. makanan dan minuman dingin dapat memicu rasa nyeri di kepala serta di bagian tulang pipi yang nantinya dapat mengakibatkan penumpukan lendir di rongga hidung. Seperti es krim dan soft drink

4. Makanan Pedas

Pantangan Makanan Penyakit Sinusitis berikutnya adalah hindari makanan pedas seperti cabai, karena hal tersebut dapat memperburuk peradangan dan infeksi yang terjadi rongga sinus. Bahan pedas tersebut adalah pala, merica, cabai.

5. Rempah Rempah

Rempah-rempah yang sering digunakan, sebisa mungkin dihindari yang memiliki bau yang menyengat

6. Hindari susu

Meskipun susu sangat baik bagi tubuh manusia namun sebaiknya dihindari bagi anda yang menderita penyakit sinusitis. Terutama produk olahan seperti yogurt dan keju, jika dikonsumsi oleh penderita sinusitis dapat menyebabkan penebalan dahak dan membuat sipenderita menjadi tambah tidak nyaman. Seperti keju, mentega, susu yogurt

7. Hindari minuman berkafein

Selain minuman beralkohol, penderita sinusitis wajib menghindari minuman berkafein. Sama halnya dengan alkohol minuman dengan kafein dapat menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi. Hal ini dapat memperbentuk lendir yang tidak dapat keluar karena mengental.

Namun selain menghindari makanan yang ada di atas penderita sinusitis juga harus menghindari hal berikut ini:

  • Jangan merokok
  • Jus Buah yang mengandung bahan pengawet
  • Hindari penggunaan obat-obatan yang dapat menyebabkan alergi
  • Hindari makanan dan minuman yang dapat memicu terjadinya alergi
  • Makanan fermentasi seperti mustard dan mayones, dapat menyebabkan PH di tubuh menjadi tidak seimbang.

Sekian penjelasan saya kali ini mengenai Pantangan Makanan Penyakit Sinusitis Yang Harus Diketahui. Semoga apa yang dijelaskan ini dapat bermanfaat bagi anda semua dan memberikan wawasan yang lebih luas lagi, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *