Sumber Makanan Yang Mengandung Hormon Estrogen

13 Jul

Sumber Makanan Yang Mengandung Hormon Estrogen,- Hormon estrogen memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh wanita. Hormon estrogen sangat penting untuk perkembangan seksual dan reproduksi wanita. Hormon ini menyebabkan perkembangan dan mempertahankan tanda-tanda kehamilan sekunder seperti payudara, penebalan endometrium dan mengatur siklus haid.

Sumber Makanan Yang Mengandung Hormon Estrogen

Sumber Makanan Yang Mengandung Hormon EstrogenJika wanita mengalami kekurangan hormon estrogen, sistem reproduksi tersebut akan terganggu, siklus menstruasi tidak akan lancar, penyusutan ukuran payudara secara mendadak, dan meningkatkan risiko infertilitas atau sulit mempunyai keturunan. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan cara yang sangat mudah.

Mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung estrogen merupakan cara alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi hormon estrogen yang rendah. Banyak sekali sumber makanan yang mengandung estrogen, diantaranya :

  • Tempe dan Tahu

Tempe dan tahu merupakan jenis makanan yang banyak disukai, selain harganya yang murah, tempe dan tuhu jaga memiliki banyak manfaat. Wanita yang mengalami masalah dengan hormon estrogen sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi tempe dan tahu.

Tempe dan tahu yang diolah dari bahan kedelai mengandung estrogen (golongan fitoestrogen berupa isoflavonoid) yang tidak kehilangan kadarnya selama proses fermentasi. Tahu dan tempe bisa menjadi makanan pengganti daging karena mengandung jumlah protein yang sangat tinggi.

  • Kacang Hijau

Kacang jihau mengandung isoflavon yang erat kaitannya dengan aktivitas hormon. Iso flavin adalah kelompok phytoestrogen, zat yang menyuplai estrogen alami. Hasil penelitian mengungkapkan, konsumsi senyawa phytoestrogen selama 12 minggu dapat meredakan rasa sakit yang sering menghampiri wanita yang sedang dalam tahap pramenopause. Sedangkan mengkonsumsi phytoestrogen sebanyak 90 mg per hari dapat mencegah osteoporosis pasca menopause.

  • Produk Buah Kering seperti Plum, Aprikot, Kurma

Buah yang kering ini memiliki rasa yang sangat manis dan bisa menjadi camilan yang sangat sehat untuk tubuh. Semua  buah ini mengandung fitoestrogen yang bisa memiliki fungsi seperti estrogen di dalam tubuh. Buah-buahan ini mengandung kalium yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, mengatur tekanan darah dan menurunkan resiko penyakit tekanan darah tinggi. Juga mengandung fitonutrien dan karotenoid yang bisa bertindak sebagai antioksidan untuk memerangi radikal bebas.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan sehat yang baik untuk kesehatan jantung dan otak, namun konsumsi kacang-kacangan secara rutin juga telah terbukti dapat meningkatkan hormon estrogen di dalam tubuh, sebab kacang kaya akan kandungan vitamin E, antioksidan, protein, dan zinc. Jenis kacang-kacangan paling baik dan dianjurkan adalah kacang tanah, mede, walnut, almond dan kenari.

  • Susu Kedelai

Manfaat terbesar dari susu kedelai adalah isoflavon. Ini adalah bahan kimia yang mirip dengan estrogen, isoflavon terhubung ke masalah kesehatan dan bertanggung jawab untuk mencegah kanker, penyakit jantung, osteoporosis dan banyak penyakit lain. Selain isoflavon, kedelai juga mengandung genistein dan daidzein, yang keduanya juga bertindak mirip estrogen dan dikenal sebagai fitoestrogen (estrogen yang diproduksi tanaman).

  • Kedelai

Menurut dr. Hardhi Pranata. MD. Susu kedelai atau makanan dari kedelai baik dikonsumsi oleh wanita perimenopause dan menopause, sebab didalamnya terkandung zat yang cara kerjanya mirip dengan hormon estrogen. Isoflavon kedelai mengisi hormon wanita secara alami meningkatkan sindrom menopause dan mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan menopause. Isoflavon kedelai bahkan dapat menekan kelebihan estrogen Anda menyerap dari makanan dan mengurangi risiko kanker rahim dan payudara.

  • Tauge atau Kecambah

Estrogen dalam tauge tentu dapat meningkatkan kepadatan serta struktur tulang, dan juga menghentikan pengeroposan tulang (osteoporosis). Wanita yang mengkonsumsi tauge secara teratur juga terhindar dari risiko kanker payudara, masalah haid dan gejala pra-menopause, serta masalah lain yang menyertai menopause.

  • Biji Rami

Biji rami memiliki kandungan fitoestrogen yang tinggi sehingga suplai estrogen yang dibutuhkan untuk pertumbuhan payudara dapat tercukupi. Seratnya juga penting untuk menghilangkan semua racun dan sisa hormon yang ada di dalam tubuh. Hormon estrogen dalam tubuh perlahan akan membantu membuat ukuran payudara lebih padat dan kulit yang kenyal.

Selain itu, kandung omega-3 dan lignan yang ditemukan dalam biji rami juga bermanfaat membentuk perisai pelindung terhadap sel kanker penyebab kanker payudara. Biji rami biasanya dicampurkan dengan berbagai jenis masakan sebagai taburan dan cukup dimasak sebentar saja. Rasanya gurih dan manis namun sangat menyehatkan.

  • Brokoli

Brokoli menjadi salah satu makanan super karena mengandung berbagai senyawa penghambat pertumbuhan sel kanker. Sayuran hijau ini mampu mencegah berbagai jenis kanker karena mengandung glukoraphanin yang sangat efektif dalam mencegah kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati dan kanker prostat. Juga yang nggak kalah pentingnya, mampu menyumbang kandungan estrogen yang bisa mempercepat pertumbuhan payudara.

  • Biji Wijen dan Minyak Biji Wijen

Minyak biji wijen dan biji wijen sering dijadikan sebagai campuran makanan seperti salah atau sup. Biji wijen mengandung estrogen alami yang baik untuk kesehatan wanita. Selain itu, makanan ini juga mengandung serat yang sangat baik untuk memperbaiki kerja sistem pencernaan.

Beberapa makanan diatas secara teori memang dapat meningkatkan hormon estrogen secara alami. Namun Anda juga harus mengimbanginya dengan pola hidup sehat.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Partner Cantik

Baca juga : Cara Alami Menstabilkan Hormon

Sumber Makanan Yang Mengandung Hormon Estrogen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *