Makanan Yang Harus Dihindari Saat Menstruasi

14 Jun

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Menstruasi,- Ketika sedang haid wanita sering mengeluh karena rasa sakit pada perut yang tidak tertahankan. Belum lagi stess, pusing, mual dan mood yang buruk dapat memperparah kondisi tersebut. Namun gejala ini dapat mengatur pola makan dan asupan nutrisi.

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Menstruasi

Makanan Yang Harus Dihindari Saat MenstruasiMakan makanan yang sehat selama menstruasi dapat membantu meminimalisir gejala yang ditimbulkan akibat menstruasi. Namun ketika sedang menstruasi, sebaiknya Anda hindari beberapa makanan yang dapat memperparah kondisi tersebut.

Berikut beberapa makanan yang harus dihindari saat menstruasi, seperti :

  • Gandum Olahan

Gandum olahan tidak lagi mengandung nutrisi seperti pada gandum asli, akibat proses dalam pengolahannya. Efeknya, kandungan dalam makanan gandum olahan dapat lebih mengganggu dengan efek-efek menstruasi, karena gandum olahan dapat mengganggu gula darah dan nafsu makan. Untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi, dianjurkan untuk tidak banyak mengkonsumsi produk gandum olahan seperti kue, roti putih atau makanan yang manis-manis. Pilihlah makanan yang menggunakan protein gandum murni seperti produk whole graines atai nasi merah.

  • Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein

Kafein adalah stimulasi yang terdapat dalam tanaman seperti teh, kopi dan biji cokelat. Bisanya kafein sering ditambahkan pada berbagai produk makanan dan minuman. Meski efek kafein pada setiap orang berbeda-beda, tapi hal ini dapat menyebabkan siklus menstruasi jadi stabil. Kafein bisa membuat mood swing semakin parah, susah tidur dan sakit pada perut dan sakit perut selama menstruasi. Untuk menghindari risiko tersebut, hindarilah makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, soft drink dan cokelat.

  • Makanan yang Mengandung Lemak Trans

Menghindari makanan yang mengandung lemak trans dapat membantu mengurangi sakit perut ketika menstruasi. Contoh makanan yang mengandung lemak trans seperti kentang goreng, onion ring, donat, mentega, junk food, dan semua makanan yang menggunakan minyak sayur sebagai salah satu bahan makanannya.

  • Daging dan Makanan Berbahan Dasar Susu

Daging atau makanan berbahan dasar susu adalah makanan yang mengandung lemak jenuh. Mirip dengan lemak trans, lemak jenuh juga dapat membuat sakit perut dan peradangan selam haid menjadi semakin parah. Hindarilah makanan seperti saus keju yang tinggi lemak, es krim dan daging berlemak.

Agar nyeri saat haid bisa diatasi, Anda sebaiknya mengkonsumsi beberapa makanan seperti berikut ini :

  • Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran berwarna hijau.
  • Pilih makanan yang mengadung zat besi tinggi seperti daging yang tidak berlemak, ikan dan kacang-kacangan.
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium seperti susu dan produk olahan susu yang tidak mengandung lemak.
  • Tingkatkan konsumsi minum air putih.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari agar nyeri saat menstruasi bisa diatasi secara alami. Lakukan juga aktivitas fisik seperti berjalan kaki atau olahraga ringan, karena ketika beraktivitas tubuh akan memompa lebih banyak darah. Ha ini dapat membantu melepaskan hormon endosfin untuk melawan efek postaglandin sehingga nyeri keram akan berkurang.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Partner Cantik

Baca juga :

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Menstruasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *