Produk Kafein Bisa Mempengaruhi Tingkat Kesuburan Wanita

31 May

Produk Kafein Bisa Mempengaruhi Tingkat Kesuburan Wanita,- Kesuburan memang dapat di pengaruhi oleh gaya hidup, jadi jangan heran jika Anda tak kunjung hamil padahal sudah menikah bertahun-tahu walaupun diagnosa yang diberikan oleh Dokter Kandungan menyatakan kondisi Anda normal.

Produk Kafein Bisa Mempengaruhi Tingkat Kesuburan Wanita

Produk Kafein Bisa Mempengaruhi Tingkat Kesuburan WanitaMengkonsumsi kopi dan teh di pagi dan sore hari merupakan salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh pria dan wanita. Namun bagi kaum wanita, sebaiknya Anda harus membatasi konsumsi produk yang mengadung kafein tersebut, karena kafein dapat mempengaruhi tingkat kesuburan.

Hubungan mengenai adanya hubungan antara kafein dan tingkat kesuburan wanita memang masih menjadi perdebatan dikalangan para ilmuan. Pasalnya cara kerja kafein dalam memicu infertilitas masih  belum jelas, apakan konsumsi kafein dapat meningkatkan produksi hormon atau justru menurunkan metabolisme estrogen.

Baru-baru ini, sebuah penelitian baru dari Fakultas Kedokteran Universitas of Nevada di Reno, Nevada memaparkan hasil penlitian mereka yang di uji coba pada tikus putih, bahwa kafein dapat mengurangi aktivitas otot tuba falopi. Hasil penelitian ini dituangkan dalam laporan British Journal of Parmacology.

Saat ovarium melepaskan telur, ia harus melewati tuba falopi (Tuba falopi adalah saluran sepanjang 10 cm yang menghubungkan ovarium dengan uterus. Pada saat ovulasi, sel telur dikeluarkan ovarium dan bergerak menuju uterus. Bila sperma di tuba falopi, ovum akan terbuahi dan kemudian menjadi embrio yang kemudian melekat di uterus).

Produk Kafein Bisa Mempengaruhi Tingkat Kesuburan WanitaPenelitian Sean M. Ward, D. Phil dan timnya menemukan dosis kafein memperlambat sel-sel di dinding tuba falopi yang bertanggung jawab untuk menggerakanan otot. Dalam siaran pers Dr Ward, ia memberikan penjelasan menarik tentang mengapa wanita yang mengkonsumsi kafein tinggi sering memakan waktu lebih lama untuk hamil dibanding dengan wanita yang tidak mengkonsumsi kafein.

Kopi merupakan minuman yang tinggi kafein. Namun selain kopi, masih banyak minuman lain yang yang mengandung kafein, seperti :

  • Teh
  • Kopi decaf
  • Minuman bersoda
  • Minuman berenergi

Beberapa studi telah menemukan bahwa kadar estrogen, khususnya yang mengarah ke tingkat sirkulasi lebih tinggi. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa wanita peminum kafein yang sedang berjuang untuk hamil, mungkin lebih cenderung memiliki endometriosis, ketimbang penyebab lain dari infertilitas.

Karena tingkat estrogen yang tinggi dapat membuat endometriosis lebih buruk. Jadi, apabila Anda memiliki endometriosis, Anda mungkin harus mempertimbangkan lebih matang lagi untuk mengurangi asupan kafein.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Partner Cantik

Baca juga : Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita

Produk Kafein Bisa Mempengaruhi Tingkat Kesuburan Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *