Jenis-Jenis Penyakit Lupus Yang Harus Anda Waspadai

13 Nov

Jenis-Jenis Penyakit Lupus Yang Harus Anda Waspadai

Jenis-Jenis Penyakit Lupus,– Apakah anda sedang mencari informasi mengenai Jenis-Jenis Penyakit Lupus? Jika iya, anda datang ke tempat yang tepat, karena disini tempatnya semua penjelasan berbagai penyakit, kesehatan yang sangat bermanfaat untuk anda semua.

Sebelumnya saya sudah membahas informasi mengenai Gejala Dan Penyebab Penyakit Lupus Dan Juga Cara Pengobatannya. Kali ini saya akan membahas informasi mengenai Jenis-Jenis Penyakit Lupus. Ingin tahu apa saja jenis-jenisnya? kalau begitu simak penjelasannya berikut ini.

Apakah Penyakit Lupus Itu Berbahaya?

Penyakit lupus dapat memicu terjadinya peradangan pada beberapa sistem tubuh, diantaranya kulit, sendi, otak, sel darah, jantung, dan paru-paru. Organ penting tersebut dapat diserang oleh penyakit lupus ini, bahkan dapat menimbulkan komplikasi dan gangguan matinya tulang jika penyakit tersebut tidak diobati.

Jenis-Jenis Penyakit Lupus Penyakit lupus juga berbahaya, karena sulit dikenali gejala dan tanda terserang lupus. Meskipun begitu, tanda yang paling khas dari penyakit ini adalah terdapat tanda pada kedua pipi yang menyerupai sayap kupu-kupu. penyakit lupus biasanya baru dirasakan jika penderita sering mengalami gangguan pada organ dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan juga di tandai dengan ruam yang terjadi pada wajah.

Penyakit ini membahayakan karena penderita dari penyakit lupus akan mengalami kekebalan tubuh yang terlalu aktif sehingga menyerang dan menghancurkan jaringan yang sehat dalam tubuh. Autoantibodi yang menyebabkan terjadinya nyeri, peradangan, dan mengalami kerusakan di berbagai tubuh penderita. Penyakit ini di golong kan dengan penyakit kronis yang membutuhkan pengobatan jangka panjang.

4 Jenis-Jenis Penyakit Lupus

Penyakit lupus ini memiliki jenis yang berbeda-beda, dan berikut adalah Jenis-Jenis Penyakit Lupus yang harus anda waspadai, antara lain:

1. Systematic Lupus Erythematosus (SLE)

Jenis yang sering terjadi pada penderitanya adalah jenis Systematic Lupus Erythematosus (SLE). Penyakit ini dapat mengalami kondisi yang berat dan ringan sehingga dapat mempengaruhi berbagai bagian tubuh. Gejala yang terjadi dari jenis ini adalah penderita akan mengalami kelelahan, rambut rontok, kepekaan terhadap sinar matahari, bengkak, dan nyeri sendi.

2. Drug Indoced Lupus

Jenis-Jenis Penyakit Lupus berikutnya adalah lupus yang disebabkan oleh obat-obatan. Dimana gejala lupus seperti sistematik jarang mempengaruhi organ utama. Gejala yang dapat dirasakan adalah nyeri bagian sendi, bagian otot, dan demam ringan. Sebagian besar akan sembuh dengan sendirinya dengan menggunakan obat, namun jika semua tidak dapat mengambil jenis obat yang sama saat pemeriksaan dokter sangat penting dilakukan untuk mendapat drug induced lupus.

3. Cutaneus Lupus Erythematosus

Cutaneous yang berarti kulit adalah gejala pada ruam, rambut rontok, bisul, vaskulitas, dan fotosensitivitas. Pada ahli meneliti akan menghapus potongan kecil dari ruam untuk diamati di bawah mikroskop untuk mengetahui lupus kulit dan bentuk terjadi pada penderita karena lupus kulit memiliki dua jenis yaitu jenis diskoid dan cutaneus.

Pada penyakit Discoid Lupus Erythematosus yang mempengaruhi kulit dimana ruam yang terjadi berwarna merah dan mengangkat menjadi berisisik dan berubah warna menjadi kecoklatan. Sedangkan pada penyakit cutaneus lupus erythematosus dapat terbatas kulit pada mereka yang menderita jenis lupus SLE. Gejala dapat berupa, ruam, rambut rontok, bisul, dan pembengkakan, pembuluh darah.

4. Neonatal Lupus

Jenis-Jenis Penyakit Lupus yang terakhir dan yang langka terjadi pada bayi disebabkan oleh antibodi ibu. Antibodi tersebut dapat ditemukan pada penderita ibu yang mengidap lupus. Namun kondisi ini dapat pula dialami oleh bayi dari ibu yang tidak menderita penyakit lupus. Ketika saat bayi lahir yang mengalami neonatal lupus memiliki ruam kulit, akan mengalami masalah hati dan juga mengalami volume sel darah merah yang rendah.

Bayi yang mengalami gangguan kesehatan Neonatal Lupus seringkali gejalanya hilang setelah beberapa bulan dan tidak memiliki kondisi yang akan terjangkit kasus yang sama. Bayi yang menderita penyakit Neonatal Lupus dapat memiliki cacat pada jantung yang jarang meskipun harus diwaspadai karena dapat mengidap penyakit jantung yang serius. Bahkan dapat juga terjadi pada bayi yang lahir dari ibu yang sehat.

Nah, itulah informasi kesehatan kali ini mengenai Jenis-Jenis Penyakit Lupus Yang Harus Anda Waspadai. Semoga apa yang dijelaskan di atas bisa bermanfaat untuk anda semua dan memberikan wawasan yang luas lagi. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *