Hindari Makanan Ini Saat Hamil Agar Tidak Keguguran

7 Jun

Hindari Makanan Ini Saat Hamil Agar Tidak Keguguran,- Kehamilan adalah salah satu fase yang indah dalam kehidupan seorang wanita. Bukan hanya fostur tubuh yang akan berubah, sikap dan gaya hidup juga akan berubah. Untuk memudahkan dan melancarkan kehamilan, kebiasaan bunda dalam mengkonsumsi makanan juga harus di atur sejak dini.

Hindari Makanan Ini Saat Hamil Agar Tidak Keguguran

Hindari Makanan Ini Saat Hamil Agar Tidak KeguguranKeinginan untuk mengkonsumsi makanan favorit selama kehamilan adalah hal yang sangat wajar, bunda bisa mengkonsumsi makanan apapun yang bunda inginkan. Namun, bunda harus menghindari beberapa makanan yang dapat menimbulkan risiko kesehatan yang kurang baik untuk bunda dan janin yang dikandung.

Berikut beberapa makanan yang sebaiknya bunda hindari, seperti :

  • Ikan yang Mengandung Merkuri Tinggi

Ikan mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak dan fungsi penglihatan bayi. Namun, juga mengandung zat berbahaya bagi tubuh yang ditemukan pada beberapa ikan. Semakin besar ukuran ikan, semakin besar juga kandungan merkurinya.  Lembaga makanan dan obat Amerika atau The Food and Drug Administration (FDA) melarang ibu hamil untuk memakan ikan todak, ikan hiu, ikan makerel raja, dan tilefish karena kandungan merkurinya yang sangat tinggi. Jenis ikan tersebut mungkin jarang di Indonesia, namun ada baiknya ibu mengetahui hal ini.

Beberapa ikan lain yang sering ditemui juga mengandung merkuri tetapi tidak setinggi ikan yang telah disebutkan di atas. Ikan yang sedikit mengandung merkuri seperti ikan salmon, tuna, sarde, catfish, ikan ibilis, ikan tilapia dan ikan trout bisa bunda konsumsi sebanyak 2 kali per minggu.

  • Seafood Mentah atau Setengah Matang

Seafood mentah atau dimasak setengah matang dapat membahayakan janin karena terkadang terdapat cacing parasit pada makanan laut mentah. Oleh karena itu, hindari seafood yang biasanya ada pada shushi dan sashimi.

  • Daging sapi dan unggas setengah matang

Daging sapi dan unggas (ayam, burung, bebek) yang dimasak setengah matang dapat mengandung parasit toksoplasmosis yang berbahaya bagi janin. Untuk mencegah keracunan, sebaiknya masak daging  sapi dan daging unggas sampai matang sempurna, tidak ada darah. Jika perlu, gunakan termometer untuk memastikan kematangannya.

  • Sayur dan Buah-buahan Mentah yang Tidak Dicuci Bersih

Sayur dan buah-buahan mentah yang tidak dicuci mengandung berbagai mikroba dan zat kimia berbahaya dari pestisida yang dapat menyebabkan risiko infeksi, akhirnya mengarah pada keguguran.

  • Telur yang Dimasak Setengah Matang

Telur yang dimasak setengah mata bisa menyebabkan keracunan bakteri salmonella yang ada di dalam telur. Bakteri salmonella yang masuk ke tubuh ibu dapat membahayakan janin dan membuat itu terkena diare dan muntah.

Kafein dapat melewati plasenta dan mengakibatkan dampak pada detak jantung bayi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi banyak kafein selama hamil berhubungan dengan peningkatan risiko keguguran, berat badan bayi lahir rendah, dan kematian bayi saat lahir, tetapi diperlukan penelitian lebih lanjut. Sebaiknya batasi konsumsi minuman dan makanan yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, minuman bersoda, dan minuman berenergi, pada ibu hamil.

  • Konsumsi Alkohol

Ibu yang minum alkohol mempunyai risiko keguguran dan kematian bayi saat lahir lebih tinggi. Terlalu banyak konsumsi alkohol saat hamil dapat mengakibatkan fetal alcohol syndrome yang dapat menyebabkan kelainan bentuk wajah, kelainan jantung, dan kemunduran mental pada anak. Minum sedikit alkohol bahkan dapat berdampak pada terganggunya perkembangan otak bayi.

  • Hati Hewan

Jika Anda seorang pemakan daging, maka Anda harus menghindari makan hati hewan. Walaupun makanan ini sangat kaya vitamin A, namun dapat menyebabkan cacat feotal dan keguguran.

  • Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Susu menyehatkan jika sudah dipasteurisasi atau sudah melalui tahap pemanasan. Susu atau produk susu yang belum melalui proses pasteurisasi dapat menyebabkan keracunan karena kemungkinan masih terdapat bakteri di dalamnya. Hindari juga minum susu murni mentah, seperti susu sapi atau susu kambing yang belum dipasteurisasi.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya bunda hindari untuk menjaga kesehatan bunda dan juga sang calon buah hati. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Partner Cantik

Baca juga :

Hindari Makanan Ini Saat Hamil Agar Tidak Keguguran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *