Gejala Penyakit Asma Pada Anak Dan Perbedaan Asma Orang Dewasa

4 Sep

Gejala Penyakit Asma Pada Anak Dan Perbedaan Asma Orang Dewasa

Gejala Penyakit Asma Pada Anak,- Apakah anda sedang mencari informasi mengenai Gejala Penyakit Asma Pada Anak? Tenang, anda datang ke tempat yang tepat, karena disini menjelaskan berbagai penyakit, kesehatan, yang sangat bermanfaat kedepan nya bagi anda semua.

Sebelumnya saya sudah menjelaskan artikel kesehatan tentang Bahaya Dan Pantangan Penyakit Asma. Kali ini saya akan menjelaskan tentang Gejala Penyakit Asma Pada Anak. Apa sajakah gejala yang ditimbulkan oleh penyakit asma ini? kalau begitu mari simak penjelasannya berikut ini.

Tapi sebelum ke topik penjelasan, asma ini mempunyai perbedaan dengan asma orang dewasa. Sebelum ke Gejala Penyakit Asma Pada Anak, saya akan menjelaskan dulu perbedaan asma pada anak dan orang dewasa di bawah ini.

Perbedaan Asma Pada Anak Dan Orang Dewasa

Gejala Penyakit Asma Pada AnakAsma pada anak dan dewasa adalah penyakit yang sama, baik pada anak-anak maupun dewasa, keduanya memiliki gejala dan pengobatan yang hampir sama. Akan tetapi, anak yang memiliki asma menghadapi masalah yang berbeda dibanding dengan orang dewasa.

Gejala asma pada anak mungkin akan mirip dengan penyakit pernapasan lainnya. Sebab yang membuat banyak orang tua tidak menyadari bahwa anaknya terkena penyakit asma. Dan pengobatan yang tidak tepat pun membuat gejala asma semakin memburuk sehingga dapat mempengaruhi kesehatan si anak secara keseluruhan.

Selain itu, Anak dengan penyakit asma juga memiliki gejala yang tidak teratur. Terkadang alergen dapat memicu serangan asma, dan terkadang tidak. Sedangkan asma pada orang dewasa gejala biasanya lebih konsisten, sehingga mereka membutuhkan pengobatan harian untuk mengontrol gejala dan serangan asma.

Gejala Asma Pada Anak

Gejala Penyakit Asma Pada AnakGejala Penyakit Asma Pada Anak, tidak semua memiliki gejala yang sama, karena gejala penyakit ini dapat bervariasi dari waktu ke waktu pada anak yang sama. Walau begitu, beberapa tanda dan gejala asma pada anak yang paling umum adalah sebagai berikut :

  • Sesak napas atau kesulitan bernapas
  • Sering mengeluh sesak atau dada anak terasa sakit
  • Bunyi seperti siulan kecil atau mengi saat menghembuskan napas
  • Batuk kronis yang tak kunjung sembuh, biasanya terjadi ketika sedang bermain, tertawa, menangis, dan bahkan di malam hari.

Tanda Dan Gejala Asma Pada Anak Lainnya :

  1. Sering terlihat kelelahan dan kurang tidur.
  2. Sering susah tidur di malam hari karena sesak napas, batuk, dan mengi
  3. Kesulitan bernapas sehingga menghambat aktivitas mereka untuk bermain atau berolahraga
  4. Serangan batuk atau mengi yang memburuk disertai dengan infeksi pernapasan, seperti pilek, atau flu.

Faktor Resiko anak terkena Penyakit Asma

Meskipun penyebab penyakit asma ini belum diketahui secara pasti, akan tetapi banyak pemicu dan faktor resiko yang membuat seseorang anak rentan terkena penyakit asma. Faktor resiko tersebut adalah sebagai berikut :

  • Kelahiran prematur
  • Lahir dengan berat badan rendah
  • Memiliki alergi atopik tertentu, misalnya alergi makanan atau eksim
  • Memiliki infeksi pernapasan misalnya pneumonia bronkitis, dan lain sebagainya
  • Anda atau pasangan menderita asma, atau kondisi alergi lainnya, seperti eksim
  • Anda atau pasangan merokok. Hak itu bisa membuat bayi beresiko 4 kali terkena asma, dibandingkan dengan bayi yang bebas dari udara asap rokok di rumahnya.

Pengobatan Asma Pada Anak

Asma pada anak harus diobati di bawah pengawasan dokter. Itu semua karena tujuan pengobatan untuk :

  • Mengurangi gejala dan mencegah kambuh nya serangan asma
  • Kemungkinan anak untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya
  • Memastikan kehadiran sekolah yang teratur
  • Mengurangi resiko masuk ke UGD
  • Menentukan rencana tindakan untuk gejala asma agar mengurangi pengobatan medis darurat
  • Mengendalikan gejala asma pada anak dengan mengurangi penggunaan obat-obatan tertentu guna mengurangi resiko efek samping di kemudian hari.

Itulah penjelasan saya tentang Gejala Penyakit Asma Pada Anak Dan Perbedaan Asma Orang Dewasa, semoga apa yang saya sampaikan kali ini bisa bermanfaat buat anda semua dan memberi wawasan lebih luas lagi. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *