Gejala Dan Penyebab Penyakit Lupus Juga Cara Pengobatannya

6 Nov

Gejala Dan Penyebab Penyakit Lupus Juga Cara Pengobatannya

Gejala Dan Penyebab Penyakit Lupus,– Apakah anda sedang mencari informasi mengenai Gejala Dan Penyebab Penyakit Lupus? jika iya, anda datang ke tempat tepat, karena disini tempatnya semua penjelasan berbagai penyakit, kesehatan yang sangat bermanfaat untuk anda semua.

Sebelumnya saya sudah membahas informasi mengenai Ciri-Ciri Penyakit Lupus Yang Harus Diketahui. Nah, kali ini saya akan membahas informasi mengenai Gejala Dan Penyebab Penyakit Lupus. Ingin tahu apa saja gejala dan penyebabnya? kalau begitu mari simak penjelasannya berikut ini.

Penyakit Lupus

Gejala Dan Penyebab Penyakit LupusLupus merupakan penyakit peradangan atau inflamasi atau kronis yang diakibatkan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh. Penyakit seperti ini disebut juga dengan penyakit autoimun. Lupus dapat menyerang berbagai bagian dari organ tubuh, seperti kulit, sendi, sel darah, ginjal, paru-paru, jantung, otak, dan sumsum tulang belakang.

Saat kondisi normal, sistem imun akan melindungi tubuh dari infeksi. Namun pada penderita lupus, sistem imun justru menyerang tubuh sendiri. Penyebab terjadinya lupus pada seseorang hingga saat ini masih belum diketahui. Sejauh ini di duga penyakit yang lebih menyerang wanita di bandingkan dengan laki-laki dipengaruhi oleh beberapa faktor genetik dengan lingkungan.

Gejala Penyakit Lupus

Gejala penyakit lupus sangat beragam, karena tergantung pada organ mana yang terkena lupus. Gejala lupus dapat muncul dan berkembang secara perlahan, yang artinya mulai dari ringan sampah parah.

Meskipun gejala lupus berpariasi, ada tiga gejala penyakit lupus utama yang biasanya selalu muncul, antara lain:

1. Ruam Pada Kulit

Yang menjadi ciri khas dari penyakit ini adalah ruam yang menyebar pada batang hidung dan kuda pipi. Gejala tersebut dikenal dengan istilah ruam kupu-kupu atau disebut juga buttrerfly rash. Karena bentuknya yang mirip dengan sayap kupu-kupu.

2. Nyeri Pada Persendian

Gejala utama lain dari penyakit lupus adalah rasa nyeri. Gejala tersebut biasanya muncul pada persendian tangan dan kaki penderita yang biasanya memburuk di pagi hari.

Ada beberapa gejala lain yang kemungkinan dapat muncul. Namun, tidak semua gejala tersebut bisa di alami penderita. Banyak penderita yang hanya mengalami gejala utama. Dan berikut adalah gejala lain yang dapat dialami oleh penderita lupus:

  • Migrain
  • Depresi
  • Hipertensi
  • Sakit Kepala
  • Sariawan Berulang
  • Demam yang tidak diketahui penyebabnya
  • Limfadenipati
  • Rambut rontok
  • Mata kering
  • Nyeri dada
  • Hilang ingatan
  • Napas pendek akibat anemia, inflamasi paru-paru dan jantung
  • Retensi dan akumulasi cairan tubuh, salah satunya terjadi pembengkakan pada pergelangan kaki
  • Jari-jari tangan dan kaki yang memutih atau membiru jika terpapar hawa dingin atau karena stres

Penyebab Penyakit Lupus

Meskipun gejala penyakit lupus masih belum diketahui, namun interaksi dari faktor genetik, lingkungan, dan hormon diduga menjadi penyebab. Namun, bagaimana mekanismenya belum dapat dipastikan.

Ada beberapa faktor yang diduga dapat memicu timbulnya penyakit lupus pada seorang, antara lain adalah:

1. Faktor Genetik

Diduga terdapat hubungan antara pengaruh faktor genetik dan lupus karena seringkali ditemukan adanya anggota keluarga penderita yang juga merupakan penderita lupus.

2. Lingkungan

Berbagai macam faktor lingkungan yang diduga memicu timbulnya lupus antara lain. Infeksi bakteri dan virus, stres, paparan sinar matahari (ultraviolet), merokok, dan beberapa zat kimia seperti merkuri dan silika.

3. Hormon

Wanita menghasilkan hormon estrogen lebih banyak pria. Estrogen diketahui sebagai hormon yang memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang artinya wanita memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dibanding pria. Untuk alasan ini, wanita lebih mudah terserang penyakit autoimun bila dibandingkan dengan pria. Perubahan hormon saat masa pubertas atau kehamilan juga dapat memicu timbulnya lupus.

Pengobatan Penyakit Lupus

Tujuan dari pengobatan penyakit lupus adalah untuk mengurangi tingkat keparahan dari gejala, mencegah kerusakan organ, serta meminimalkan dampaknya pada kehidupan penderita lupus.
Jenis obat dan dosis yang diberikan kepada satu penderita lupus tidak sama dengan penderita lupus lain, dan dapat berganti dari waktu ke waktu tergantung dari gejala yang dirasakan dan tingkat keparahannya. Dan berikut adalah beberapa obat yang mungkin dibutuhkan oleh penderita lupus, antara lain:

  • Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS)
  • Kortikosteroid
  • Obat Imunosupresan
  • Rituximab

Itulah informasi kesehatan kali ini mengenai Gejala Dan Penyebab Penyakit Lupus Juga Cara Pengobatannya. Semoga apa yang dijelaskan di atas bisa bermanfaat bagi anda semua dan memberi wawasan lebih luas lagi. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *