Efek Samping Menggunakan Baking Soda Untuk Kulit

25 Jan

Efek Samping Menggunakan Baking Soda Untuk Kulit,- Jika kamu sering membuat kue, pastinya sudah tidak asing lagi dengan baking soda yang sering dijadikan sebagai bahan pengembang kue tau roti. Namun dibalik fungsinya sebagai bahan pengembang, baking soda juga sering di gunakan sebagai perawatan kecantikan khususnya untuk kulit.

Efek Samping Menggunakan Baking Soda Untuk Kulit

Apakah baking soda baik untuk kulit? Ternyata setelah di lakukan penelitian, baking soda memberikan efek yang negatif pada kulit jika digunakan dalam takaran yang tidak tepat. Baking soda termasuk bahan yang bersifat keras, sehingga jika digunakan tanpa anjuran dari dokter ditakutkan dapat membuat kulit menjadi rusak dan tidak sehat.

Efek Samping Menggunakan Baking Soda Untuk KulitBaking soda merupakan salah satu bahan kimia sintetis yang memiliki nama natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat. Baking soda dapat dibuat melalui proses Solvay, pada proses tersebut, natrium klorida, amonia dan karbondioksida akan direakikan bersamaan dengan dilarutkan dalam air.

Rumus kimia dari baking soda ialah NaHCO3, dimana baking soda dapat dibuat dari natrium karbonat (soda cuci atau soda abu) yang dilarutkan dalam air, dan kemudian direaksikan dengan karbondioksida sesuai persamaan berikut ini:

Na2CO3 + CO2 + H2O → 2 NaHCO3

Saat ini baking soda kerap kali digunakan untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Namun Anda harus tetap waspada, walaupun sering digunakan untuk perawatan kecantikan, ternyata baking soda memiliki efek yang tidak baik untuk kulit jika digunakan tanpa pengawasan langsung dari dokter.

Berikut adalah efek samping baking soda untuk kulit yang harus Anda ketahui :

  • Kulit Menjadi Kering
    Kulit yang berminyak memang cocok diatasi dengan baking soda, sifat basa atau alkaloid pada baking soda ampuh mengatasi produksi minyak atau sebum yang berlebih. Tapi jika penggunaannya terlalu sering, produksi minyak bisa menurun drastis dan akibatnya kulit akan menjadi kering.
  • Merusak Lapisan Efidermis Kulit
    Sifat baking soda sebagai exfoliation agent atau agen pengelupasan kulit sebenarnya memiliki keuntungan, yaitu dapat mengangkat sel kulit mati sehingga kulit akan tampak bersih dan cerah. Akan tetapi jika penggunaannya dalam dosis berlebihan, maka lapisan epidermis atau kulit ari yang tipis akan menjadi semakin tipis dan bahkan bisa ikut terkelupas.
  • Menyebabkan Bengkak dan Iritasi Pada Kulit
    Anda pasti tau dengan aluminium foil? Alumunium foil ini ternyata bisa rusak oleh soda kue, sudah terbayangkan apabila kulit di beri baking soda, terutama kulit wajah yang halus dan bertekstur lembut akan menjadi rusak. Baking soda termasuk dalam kelompok garam basa dengan sifat alkaloid, korosif, dan abrasif. Sifat-sifat ini tidak cocok untuk kulit sensitif, sehingga sebagai efeknya kulit akan mengalami iritasi, bengkak kemerahan, dan muncul rasa nyeri. Pada kasus yang parah, kulit dapat menjadi terbakar sehingga akan menimbulkan luka.
  • Resiko Terkena Luka Bakar
    Baking soda yang biasa anda gunakan untuk memasak kue itu bukanlah bahan yang aman. Mengapa? Banyak pembuat roti yang ulung menjaga tangannya dari memegang terlalu lama dan sering bahan baking soda. Sebab banyak kasus bahwa baking soda bisa membuat kulit anda terkena seperti luka bakar. Ini di sebabkan karena baking soda yang terkena asam berubah menjadi gas karbondioksida.
  • Meninggalkan Bekas Permanen, Kusam dan Bercak Hitam
    Baking soda yang merupakan salah satu bahan dalam pembuatan kue ternyata juga dapat meninggalkan bekas permanen. Baking soda tidak baik jika digunakan berlebihan, maka perlu di perhatikan frekuensi penggunaannya sebab dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Baking soda dapat membantu menghilangkan bekar jerawat dan plek hitam, tapi justru akan menambah bekas yang tidak diinginkan pada kulit.

Setelah Anda mengetahui efek samping penggunaan baking soda untuk kulit, berhati-hatilah dalam memilih perawatan kulit. Kami sarankan agar memilih perawatan yang alami tanpa menimbulkan efek samping yang dapat merusak kulit. Semoga sajian informasi kali ini bermanfaat untuk Anda. Salam sehat.

Posted by Partner Cantik

Baca juga : Manfaat Lemon untuk Kulit Wajah Cerah Berseri

Efek Samping Menggunakan Baking Soda Untuk Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *