Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis Yang Harus Diketahui

2 Oct

Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis Yang Harus Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis,- Apakah anda sedang mencari informasi mengenai Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis? anda datang ke tempat yang tepat, karena disini menjelaskan berbagai penyakit, kesehatan, yang sangat bermanfaat kedepan nya bagi anda semua.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan anda informasi mengenai Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis. Ingin tahu apa saja ciri-ciri dari penyakit ini? mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Sinusitis

Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis Sinusitis merupakan infeksi dan pembengkakan pada sinus akibat adanya penyumbatan didalamnya. Gejala sinusitis dapat terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung hanya dalam jangka waktu yang pendek sekitar 4 minggu, dan hal ini biasanya disebut dengan sinusitis akut.

Untuk kasus sinusitis yang lebih parah yaitu peradangan sinus dalam waktu yang lama sekitar 3 bulan dan sering kambuh, ini disebut sinus kronis. Sinusitis adalah kondisi yang biasa terjadi dan dapat terjadi pada semua orang. Kondisi ini dapat dicegah dengan mengurangi faktor resiko anda.

Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis

Terdapat beberapa Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis yang menjadi pertanda bahwa anda mungkin mengalami sinusitis. Dan berikut diantaranya:

1. Nyeri pada sinus

Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis yang paling sering terjadi adalah munculnya nyeri tumpul dan seperti ditekan pada sinus. Sensasi ini terjadi akibat adanya peradangan dan pembengkakan yang menekan sinus.

Rasa nyeri umumnya akan mendera kedua sisi pangkal hidung, dahi, diantara mata, rahang bahagian atas, hingga gigi.

2. Sakit kepala

Terjadi pembengkakan pada selaput lendir didalam rongga sinus yang bisa menyebabkan sakit kepala. Rasa sakit tersebut biasanya akan lebih parah pada bagian pagi hari, karena adanya penumpukan cairan dalam sinus selama anda terlelap tidur. Perubahan tekanan udara yang tiba-tiba juga bisa menyebabkan sakit kepala.

3. Hidung ingusan

Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis berikutnya yaitu keluarnya ingus seperti saat terjadi penyakit flu. Warna ingus muncul bisa berwarna keruh, kuning, atau kehijauan

Cairan tersebut bisa terjadi karena infeksi pada sinus yang kemudian mengalir keluar melalui hidung. Cairan juga bisa mengalir ke belakang tenggorokan dan menyebabkan batuk ketika tidur.

4. Hidung tersumbat

Peradangan yang terjadi pada sinus bisa menyebabkan pembengkakan selaput lendir atau disebut juga mukosa di dalam rongga sinus. Hal ini yang mengakibatkan hidung jadi tersumbat. Selain itu, kondisi juga dapat membuat suara anda sengau.

5. Batuk dan nyeri tenggorokan

Jika cairan ingus mengalir ke belakang tenggorokan, anda dapat mengalami iritasi pada tenggorokan. Akibatnya, anda bisa batuk terutama ketika anda berbaring.

Kondisi ini sering menyebabkan sebagian orang mengalami susah tidur. Peradangan akibat iritasi ini juga bisa menyebabkan rasa perih dan sakit pada tenggorokan dan juga akan bertambah parah jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

6. Suara yang serak

Pada awalnya, anda mungkin hanya terganggu dengan rasa gatal di tenggorokan. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, iritasi yang terjadi pada selaput lendir tenggorokan akan bertambah parah dan mengubah suara anda menjadi serak.

7. Indra penciuman dan pengecap yang terganggu

Sebagai akibat dari hidung yang tersumbat, kemampuan dalam penciuman sekaligus pengecap anda bisa menurun. Sama halnya ketika anda mengalami flu.

Apabila kamu merasakan gejala-gejala di atas, alangkah baiknya jika kamu memeriksakan diri ke dokter. Dengan diagnosis yang akurat, langkah pengobatan yang tepat pun bisa diberikan.

Nah, Itulah penjelasan saya mengenai Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis Yang Harus Diketahui. Semoga apa yang saya sampaikan kali ini bisa bermanfaat buat anda semua dan memberi wawasan lebih luas lagi, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *