Ciri-Ciri Penyakit Lupus Yang Harus Anda Ketahui

30 Oct

Ciri-Ciri Penyakit Lupus Yang Harus Anda Ketahui

Ciri-Ciri Penyakit Lupus,– Apakah anda sedang mencari informasi mengenai Ciri-Ciri Penyakit Lupus?. Jika iya, anda datang ke tempat yang tepat, karena disini menjelaskan berbagai penyakit, kesehatan, yang sangat bermanfaat kedepan nya bagi anda semua.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan anda informasi mengenai Ciri-Ciri Penyakit Lupus. Ingin tahu apa saja ciri-ciri dari penyakit ini? kalau begitu mari simak penjelasannya berikut ini.

Tahukah Anda Apa Itu Lupus?

Lupus merupakan penyakit peradangan atau inflamasi atau kronis yang diakibatkan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh. Penyakit seperti ini disebut juga dengan penyakit autoimun. Lupus dapat menyerang berbagai bagian dari organ tubuh, seperti kulit, sendi, sel darah, ginjal, paru-paru, jantung, otak, dan sumsum tulang belakang.

Ciri-Ciri Penyakit Lupus Saat kondisi normal, sistem imun akan melindungi tubuh dari infeksi. Namun pada penderita lupus, sistem imun justru menyerang tubuh sendiri. Penyebab terjadinya lupus pada seseorang hingga saat ini masih belum diketahui. Sejauh ini di duga penyakit yang lebih menyerang wanita di bandingkan dengan laki-laki dipengaruhi oleh beberapa faktor genetik dengan lingkungan.

9 Ciri-Ciri Penyakit Lupus

Ciri-Ciri Penyakit Lupus ini bisa bervariasi dari satu penderita dengan penderita lainnya. Misalkan kelelahan, nyeri dada, nyeri sendi, retensi air yang disebabkan pembengkakan adalah beberapa gejala lupus yang menyerupai penyakit lain. Dan berikut adalah 9 Ciri-Ciri Penyakit Lupus, antara lain:

1. Ruam di Wajah

Ruam merah pada kulit yang muncul saat terkena sinar matahari adalah gejala yang sangat khas dari lupus. ini disebut juga dengan ruam kupu-kupu dan biasanya memanjang dari jembatan hidung, bawah tulang pipi, sampai tulang rahang.

2. Nyeri Dada

Ciri-Ciri Penyakit Lupus selanjutnya adalah lupus sering menyebabkan peradangan pada jantung. Dan ini menyebabkan sesak napas, nyeri dada yang sangat parah, aliran darah yang terganggu, dan peningkatan resiko penyakit jantung. Lupus juga dapat mempengaruhi bagian dalam dan luar paru-paru.

3. Kelelahan

Lupus juga dapat menyebabkan masalah pada darah seperti anemia, yang membuat lemah, letih, lesu, termasuk masalah pada ginjal. Turunnya kesehatan paru-paru atau jantung juga dapat membuat penderita menjadi lelah.

4. Luka di Mulut

Tidak seperti sariawan biasa, luka ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, sehingga banyak penderita lupus tidak sadar kalau mereka memilikinya. Luka ini biasanya muncul di mulut bagian atas dan terkadang juga di hidung.

5. Rambut Rontok

Ciri-Ciri Penyakit Lupus ini sering terlihat di daerah frontal dan kadang-kadang dapat menyebabkan kebotakan yang memalukan. ini juga dapat menyebabkan luka di kulit kepala.

6. Pembengkakan dan Nyeri Sendi

Pembengkakan, nyeri, dan kaku pada sendi di pagi hari merupakan tanda klasik dari penyakit lupus. Gejala ini sering kali dirasakan di pergelangan tangan, buku-buku jari, dan jari-jari.

7. Retensi Air dan Kencing Berdarah

Masalah ginjal merupakan ginjal lain dan biasanya menjadi manifestasi serius dari penyakit ini. Masalahnya, perburukan kondisi ginjal sering tidak diketahui. Masalah ginjal dapat menyebabkan retensi air, sehingga pembengkakan dan kenaikan berat badan dapat terjadi.

8. Masalah Kesehatan Mental

Ciri-Ciri Penyakit Lupus berikutnya adalah perasaan takut, kekhawatiran yang berlebihan, ketidakstabilan, merupakan bagian dari pengaruh lupus dan kesehatan mental. Tanpa gejala lupus lainnya seseorang dengan gejala tersebut perlu mengkonsultasikan masalahnya ke dokter.

9. Kejang dan Kehilangan Memori

Penyakit lupus juga bisa menyerang otak, dan penderita akan mengalami kejang, disorientasi, menjadi psikotik, dan kehilangan memori.

Itulah informasi kesehatan kali ini mengenai Ciri-Ciri Penyakit Lupus Yang Harus Anda Ketahui. Semoga apa yang dijelaskan di atas bisa bermanfaat bagi anda semua dan memberikan wawasan yang lebih luas lagi. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *